Info Olah Raga

Monday, August 13, 2012

Penutupan Olimpiade London

Penutupan Olimpiade London, Akhirnya AS Juara Umum


Ajang olimpiade yaitu perhelatan akbar olahraga sedunia yang rutin dilaksanakan empat tahun sekali  , tahun 2012 ini diselenggarakan di London. Olimpiade London ini berakhir kemarin Senin (13/08/12). Upacara penutupan olimpiade London ini berlangsung meriah dan spektakuler. Upacara penutupan ini dibarengi dengan pertunjukan musik ala Inggris dan dimeriahkan juga oleh beberapa artis kelas dunia sehingga menambah kemegahan acara penutupan tersebut.

Seperti dilansir Antaranews, seremoni penutupan Olimpiade kali ini diberi tajuk A Symphnoy of British Music. Acara ini sekaligus sebagai penyerahan bendera Olimpiade kepada Brasil, yang akan bertindak sebagai tuan rumah pada 2016 mendatang.
Acara yang menghentak London mulai Senin (13/8) pukul 03.00 dinihari WIB, dimeriahkan oleh sekitar empat ribu artis dan seniman. Dengan kapasitas 80 ribu penonton yang menyesaki Stadion Olympics, semarak penutupan Olimpiade terasa sangat megah dan meriah.

Di acara tersebut, Walikota London Boris Johnson secara simbolis menyerahkan bendera Olimpiade kepada Presiden Komite Olimpiade Internasional Jacques Rogge, yang kemudian diserahkan ke tangan Walikota Rio de Janeiro, Eduardo Paes.
Orkestra menakjubkan yang berlangsung kurang lebih tiga jam ini ditandai dengan dibunyikannya lonceng Big Ben yang menghitung mundur hingga dipadamkannya obor Olimpiade. Perhelatan ini juga melibatkan banyak bintang ternama Inggris seperti Spice Girls, Pet Shop Boys, Muse, Beady Eye hingga George Michael.

Mobil-mobil khas kota London seperti taksi London dan Reliant Robins, dan puluhan motor vespa juga meramaikan pagelaran ini. Sebanyak 10.800 atlet dari negara kontestan juga saling berjalan membaur bersama atletdari negara lain mengelilingi stadion, yang merupakan simbol kesatuan, keharmonisan dan persahabatan.
Olimpiade 2012 ini ditutup dengan Amerika Serikat yang keluar sebagai juara umum dengan perolehan 46 medali emas, 29 perak dan 29 perunggu. Sedangkan tempat kedua diduduki China dengan torehan 38 emas, 27 perak dan 22 perunggu.

Sang tuan rumah sendiri, Britania Raya hanya mampu finis di peringkat ketiga dengan 29 emas, 17 perak dan 19 perunggu. Sementara Indonesia harus rela berada di posisi ke-63 dengan satu perak dan satu perunggu.
Semoga di olimpiade Brazil tahun2016 nanti Indonesia mampu meningkatkan prestasi dikancah olimpiade. 

No comments:

Post a Comment