Info Olah Raga

Thursday, August 2, 2012

Pemain Bulu Tangkis Indonesia Didiskualifikasi

Pemain Bulu Tangkis Indonesia Didiskualifikasi dari Olimpiade London

Pemain bulu tangkis Indonesia Greysia Polii/Meiliana Jauhari, didiskualifkasi dari olimpiade London. Ini sangat mengejutkan karena diharapkan pasangan bulu tangkis ini membawa pulang sebuah medali seperti tradisi sebelumnya. Kejadian diskualifikasi ini pertama terjadi dalam sejarah bulu tangkis Olimpiade. " Ini baru pertama kali terjadi karena ini format baru. Selama ini menggunakan format gugur bukan penyisihan grup," kata Kepala Pelatih Ganda PBSI Christian Hadinata saat dihubungiTempo, 2 Agustus 2012.  Tak hanya kontingen asal Indonesia tetapi pemain asal Cina Wang Xiaoli/Yu Yang dan pemain asal Korea  Selatan Kyung-eun/Kim Ha-na juga terkena diskualifikasi dalam Olimpiade London 2012. Mereka didiskualifikasi karena dianggap tidak serius saat bertanding yang berarti tidak menghormati perhelatan olah raga sedunia itu.

BWF mendiskualifikasi delapan atlet ganda putri dari Olimpiade London, termasuk Greysia/Meiliana, sebab diduga melakukan manipulasi hasil pertandingan, agar mendapat undian yang menguntungkan pada babak sistem gugur.


Peristiwa ini terjadi pada laga Grup C yang berlangsung di Wembley Arena, Selasa 31 Juli 2012. Pasangan nomor satu dunia asal Cina, Wang Xiaoli/Yu Yang, berupaya untuk kalah saat melawan pasangan Korea Selatan, Jung Kyung-eun/Kim Ha-na, agar tidak menjadi juara grup karena tidak ingin bertemu pasangan asal Cina lainnya, Tian Qing/Zhao Yunlei, di semifinal.
Sungguh sangat disayangkan cabang yang biasa menyumbangkan medali di berbagai pertandingan, didiskualifikasi diajang bergensi sekelas Olimpiade. Semoga kedepannya tidak terjadi hal seperti ini dan  semua pemain dapat bertanding lebih sportif.

No comments:

Post a Comment